Erick Thohir Angkat Didiek Hartantyo sebagai Dirut KAI

  • Whatsapp

Liputan98.com – Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat Direktur Keuangan PT Kerata Api Indonesia, Didiek Hartantyo sebagai direktur utama menggantikan Edi Sukmoro.

Pengangkatan Didiek sebagai Dirut dilakukan melalui Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-142/MBU/05/2020 tertanggal 8 Mei 2020. Dalam petikan putusan tersebut, memberhentikan dengan hormat Edi Sukmoro sebagai direktur utama KAI bersama dengan ketiga direksi KAI lainnya yakni Amrozi Hamidi dari jabatan sebagai direktur perencanaan strategis dan pengembangan usaha, Dodi Budiawan dari jabatan direktur niaga, serta Ruli Adi dari posisi direktur SDM dan Umum.

Read More

“Mengalihkan penugasan Sdr. Didiek Hartantyo, yang diangkat berdasarkan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-21/MBU/01/2016 tanggal 25 Januari 2016 jo Nomor SK-10/MBU/01/2018 tanggal 15 Januari 2018, semula sebagai Direktur Keuangan menjadi Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Kereta Api Indonesia, dengan masa jabatan meneruskan sisa masa jabatan sebagaimana,” bunyi diktum kedua keputusan Meneg BUMN tersebut.

Bersama Didiek, Menteri BUMN juga mengangkat Jeffrie N. Korompis sebagai Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha, Rivan Achmad Purwantono sebagai Direktur Keuangan menggantikan Didiek, Maqin U. Norhadi sebagai direktur Niaga, serta Agung Yunanto sebagai direktur SDM dan Umum.

“Bagi anggota-anggota direksi yang diangkat sebagaimana dimaksud pada diktum ketiga keputusan ini yang masih menjabat pada jabatan lain yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan untuk dirangkap dengan jabatan direksi badan usaha milik negara, maka yang bersangkutan harus mengundurkan diri atau diberhentikan dari jabatannya tersebut,” lanjut keputusan tersebut.

Didiek Hartantyo resmi menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia menggantikan Edi Sukmoro yang menjabat Dirut KAI sejak 2014 lalu.

Didiek merupakan bankir yang berkarier di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Pada 26 Januari 2016, Didiek masuk KAI dan menjabat sebagai Direktur Keuangan. Sedangkan pendahulunya, Edi Sukmoro menjabat Dirut KAI sejak tahun 2014 hingga 2020. Ia menggantikan Ignasius Jonan yang menjadi Menteri Perhubungan dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. (eg)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.