Mensos Pastikan 20 Juta KPM Program Paket Sembako Tercapai Akhir Mei

  • Whatsapp

Liputan98.com – Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara berjanji bahwa target distribusi bantuan sosial (bansos) reguler berupa program sembako untuk 20 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan tercapai pada akhir Mei 2020.

Menurut Juliari, untuk program Sembako, pemerintah dibawah koordinasi Kemensos sudah memutuskan untuk menaikkan jumlahnya dari 15,2 juta keluarga penerima manfaat menjadi 20 juta. Indeks pemberian manfaat juga dinaikkan dari Rp 150 ribu menjadi Rp 200 ribu per KPM.

“Saat ini, sudah mencapai 17,9 juta KPM yang mendapatkan program sembako tersebut. Masih kurang 2,1 juta lagi yang belum menerima,” kata Juliari Batubara dalam telekonferensi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (8/5/2020).

Juliari optimistis bahwa 2,1 juta KPM tersebut akan segera menerima bantuan Sembako. Jika itu terealisasi, maka akhir Mei 2020 target 20 juta KPM tercapai.

Disisi lain, program bansos reguler lainnya, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) sesuai dengan keputusan presiden, program ini sudah ditingkatkan jumlah penerima manfaatnya sejak Maret 2020 lalu, menjadi 10 juta dengan pencairan dilakukan setiap bulan.

“Jadi sebelumnya, pencairan PKH ini adalah tiap tiga bulan. Tapi khusus untuk mengantisipasi Covid-19, pencairan PKH, kami buat setiap bulan sudah sejak Maret lalu,” kata Juliari. (eg)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.