Lion Air Group Terbang Lagi Mulai Minggu, Ini Syarat Khusus Bagi Penumpang

  • Whatsapp

Liputan98.com – Pelonggaran bagi moda transportasi mulai dimanfaatkan oleh seluruh perusahaan, khususnya penerbangan penumpang. Namun, beberapa maskapai menerapkan persyaratan khusus bagi calon penumpangnya.

Satu di antara maskapai yang akan turut melayani penerbangan kembali yakni Lion Air Group. Maskapai dengan logo kapala singa ini bersiap menjalankan kembali operasioal penerbangan mulai Minggu (10/5/2020) sejalan kebijakan pelonggaran pelayanan moda transportasi umum oleh Kementerian Perhubungan (Kemhub) selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Read More

Menurut Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, pihaknya akan memperketat pengawasan bagi penumpang yang akan menaiki pesawat. Hal ini sebagai upaya tetap mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah.

Baca juga: Waduh, Pemerintah Akan Mengutang Lagi untuk Tutupi Defisit Rp104 Triliun

“Lion Air akan memberlakukan persyaratan ketat bagi penumpang yang akan dilayani,” kata, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan persnya, Sabtu (9/5/2020), sebagaimana dikutip dari Beritasatu.

Ia menambahkan, ada beberapa kriteria khusus bagi penumpang, yakni orang bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta di mana harus menunjukkan hasil negatif virus corona (Covid-19) berdasarkan rapid rest atau polymerase chain reaction (PCR) rest atau surat keterangan sehat dari dinas kesehatan atau rumah sakit atau puskesmas atau klinik kesehatan.

Selain itu, menunjukkan surat tugas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia, Polri yang ditandatangani minimal pejabat setingkat eselon 2. Sedangkan bagi swasta harus membuat surat pernyataan yang diteken di atas materai dan diketahui lurah atau kepala desa setempat, menunjukkan KTP serta wajib melaporkan perjalanannya termasuk waktu kepulangannya.

Lion Air Group juga memberikan keringanan pada calon penumpang yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya sakit keras atau meninggal dunia.

Baca juga: Ilmuan AS Temukan Mutasi Unik Coronavirus Baru

Lion Air juga akan tetap melayani perjalanan bagi TKI dan pelajar Indonesia yang baru pulang dari luar negeri. Persyaratannya juga harus menunjukan surat hasil rapid test atau PCR, KTP, bagi TKI harus menunjukkan surat keterangan dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BPPMI) atau surat keterangan dari perwakilan RI di luar negeri (untuk penumpang dari luar negeri).

“Sedangkan bagi pelajar dan mahasiswa harus Menunjukkan surat keterangan dari universitas atau sekolah dinegara mereka belajar,” katanya lagi.

Lion Air akan tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai diamanatkan oleh pemerintah dengan pengecekan terhadap petugas dan awak pesawat, menyediakan cairan pembersih (hand sanitizer) di semua pesawat serta menggunakan masker. Lion Air juga akan memberlakukan physical distancing di dalam kabin pesawat. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.