Pemko Tutup Mata, Alfamart dan Indomart Hancurkan UMKM Batam

  • Whatsapp
DPRD Batam menggelar RDP bersama FORPPI Batam dab Pemko Batam di Ruang Rapim DPRD Batam, Senin (22/6/2020). Foto Istimewa

Liputan98.com, Batam –  Menjamurnya gerai Indomaret dan Alfamart memang tidak bisa dipungkiri seiring perkembangan zaman. Pelaku UMKM tidak bisa berbuat banyak atas kehadiran waralaba retail tersebut. Tugas Pemerintah Daerah yang harus mengatur melalui aturan yang kongkrit, paling tidak mengajak platform tersebut untuk membina UMKM yang dikelola oleh masyarakat kecil.

Anggota Komisi II DPRD Kota Batam Muhammad Syafei mengajukan revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar di Kota Batam. Dalam regulasi tersebut belum mengatur waktu beroperasi untuk Indomaret dan Alfamart.

Dalam peraturan itu hanya mengatur jam kerja Hypermart, Department Store, dan Supermarket, yakni pukul 10.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB untuk hari Senin sampai Jumat. Kemudia pukul 10.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB di hari Sabtu dan Minggu.

“Perda yang ada belum mengatur untuk Indomaret dan Alfamart. Sebagian Indomaret dan Alfamart buka 24 jam dibandingkan Hypermart dan Department Store serta Supermarket,” kata Syafei di DPRD Kota Batam, Senin (22/6/2020).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.