Stadion Jakabaring Terpilih Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-21

  • Whatsapp
Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang, Sumsel.(Foto: istimewa)

Liputan98.com, Palembang – Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ditetapkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sebagai salah satu penyelenggara Piala Dunia U-21 tahun 2021.

Penetapan stadion yang dijadikan maskar Laskar Wng Kito (Julukan SFC) tersebut dibenarkan Direktur Utama Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Meina Fatriani Paloh.

“Betul, kita terpilih menjadi tuan rumah piala dunia 2021. Alhamdulillah, akhirnya Palembang (JSC) menjadi salah satu tuan Rumah Piala Dunia 2021,” ungkapnya, seperti diberitakan Gatra.com, Sabtu (27/6).

Dia mengatakan, terpilihnya JSC sebagai salah satu penyelenggara turnamen bergensi tersebut tidak lepas dari doa dan dukungan masyarakat Sumsel.

“Suport yang sangat besar dari Gubernur Sumsel, Herman Deru untuk Sumsel menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 ini,” ungkapnya.

Hal yang sama juga dikatakan Sekretaris JSC, Mirza, usai mendapat laporan resmi penetapan. Menurutnya, hal tersebut merupakan momen langkah dan menjadi yang pertama kalinya mendapatkan kesempatan menyelenggarakan kejuaraan dunia pertandingan sepak boleh usia di bawah 20 tahun.

“Ini akan memacu kemajuan olahraga, pariwisata dan ekonomi di Bumi Sriwijaya. GSJ sendiri sudah sering dijadikan sebagai tuan rumah even olahraga mulai dari taraf lokal, regional hingga intenasional. JSC sebagai Venue Owner harus memberikan servis yang memenuhi standar FIFA, baik akomodasi, konsumsi serta venue pertandingan,” ungkap dia.

Ketua Asprov PSSI Sumsel, Ucok Hidayat mengatakan, PSSI telah meneruskan surat ketetapan enam stadion tersebut kepada Kementerian PUPR untuk ditindaklanjuti dengan revitalisasi stadion terkait.

“Ini kebanggaan untuk kita semua. Namun kita juga harus segera menyiapkan stadion pendukung untuk latihan dan untuk wasit,” kata Ucok.

Stadion Gelora Jakabaring sendiri merupakan stadion multifungsi terbesar ketiga di Indonesia setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Utama Palaran. Berlokasi di Palembang, Indonesia, Stadion ini juga diakui sebagai salah satu stadion terbaik yang bertaraf internasional.

Diketahui, Stadion GSC merupakan satu dari enam stadion yang bakal menggelar Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Selain itu ada Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Manahan Solo, Stadion Jalak Harupat, Stadion Gelora Bung Tomo dan Stadion I Wayan Dipta.

Seperti diketahui sebelum menentukan enam stadion tersebut, PSSI mengajukan 11 kandidat stadion untuk Piala Dunia U-20. Dengan ditetapkannya enam stadion, maka lima stadion yang tidak terpilih adalah Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi) dan Stadion Utama Riau (Pekanbaru).

Selain stadion, PSSI juga terus menyiapkan tim nasional untuk Piala Dunia U-20 tersebut. Skuad yang diproyeksikan untuk kejuaraan itu adalah timnas U-19 asuhan manajer pelatih timnas Shin Tae Yong yang akan berlaga di Piala Asia U-19 tahun 2020 pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.