Keberadaan Alfamart dan Indomart Tak Ada Kontribusi Bagi PAD Batam?

  • Whatsapp
Alfamart dan Indomart di pemukiman warga.(foto:ist)

Liputan98.com, Batam – Wakil Ketua II DPRD Kota Batam Ruslan Ali Wasyim mempertanyakan kontribusi Indomaret dan Alfamart bagi Penerimaan Asli Daerah (PAD) Kota Batam. Menurutnya, sudah memasuki lima tahun kedua ritel modern tersebut berdiri di Kota Batam tapi tidak berdampak bagi pendapatan daerah.

“Sudah lima tahun berdiri di Batam, sudah sejauh mana dampaknya bagi pendapatan daerah. Setau saya belum ada,” kata Ruslan di DPRD Kota Batam, Selasa (30/6/2020).

Ia mengatakan pemerintah daerah harus melakukan kajian sebelum memberikan izin berdiri Indomaret dan Alfamart di Kota Batam. Faktanya, kehadiran kedua ritel ini sekarang mematikan usaha-usaha kecil milik masyarakat.

“Filternya sekarang ini berada di Pemko Batam. Batam memang tidak bisa menolak kehadiran waralaba di Kota Batam. Namun harus menggandeng UKM yang ada dan tidak mematikan usaha masyarakat,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Batam Firmansyah mengaku belum mengetahui kontribusi Indomaret dan Alfamart bagi pendapatan daerah.

“Sampai saat ini belum ada dilakukan kajian dan analisa kebutuhan Indomaret dan Alfamart di Kota Batam. Mungkin di anggaran perubahan tahun 2020 atau tahun 2021 akan dimasukkan anggaran untuk melakukan kajian dan kebutuhan,” katanya.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.