Biota Laut Punah Bukan Karena Dimakan Predator atau Ditangkap, Lalu ?

  • Whatsapp
Transaksi hasil budidaya Lobster.(ist)

BIOTA Laut Punah Bukan Karena Dimakan Predator atau Ditangkap, tapi karena alam atau Lingkungan Hidup yang tidak dijaga alias rusak.

Biota laut secara hukum alam bertelur ratusan bahkan ribuan.. kenapa biota laut diciptakan demikian rupa bisa bertelur begitu banyak .?

Karena biota laut hidup di alam yang penuh dengan predator ,, baik sesama biota laut itu sendiri maupun manusia.

Tapi bukan karena banyaknya predator sehingga biota laut bisa punah,, tapi Karena kerusakan Alam (kerusakan Lingkungan Hidup)..

Sebagai contoh .
zona Batam biota lautnya hampir punah. Misal ,, Crab (Kepiting,, ataupun biota laut lainnya,.

Kenapa bisa punah ?? Karena Alam, Lingkungan Hidup sudah rusak. Bakau habis .. jadi Arang Bakau .. bahkan ikan pun sudah susah hidup karena banyaknya Limbah B3 ataupun Limbah Plastik.

Beda dengan zona Rempang Galang ,, khususnya zona pulau Abang dimana ikan atau biota LAUT lainnya masih banyak , karena alam dan Lingkungan masih terjaga..

Belum sadarnya sebagian masyarakat, pengusaha dan nelayan akan pentingnya penangkapan ramah lingkungan yang bisa menjamin keberlanjutan, Juga menjadi faktor punahnya biota laut.

misalnya dengan cara destruktif terhadap lingkungan menggunakan bahan peledak dan potasium, tentunya akan merusak ekosistem dan habitat dari biota laut termasuk lobster sehingga menyebabkan semakin berkurangnya stok komoditas bergengsi ini.

Berdasarkan laporan Balitbang KKP tahun 2013, menunjukkan peningkatan
pemanfaatan dari tahun 2005 sampai tahun 2012 dimana kenaikan tersebut hingga mencapai 19.23% dari total hasil tangkapan di seluruh WPP di Indonesia.

Adanya pengelolaan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan diharapkan sumber daya biota laut misalnya lobster, dapat tetap terjaga dan bisa terus dimanfaatkan.

 

Oleh Aldi Braga
(anggota kelompok budidaya ikan)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.