Kadin Tawarkan Konsep Ekonomi Kerakyatan Hadapi Badai Pendemi Covid-19

  • Whatsapp
Ketua Kadin Kepri Ahmad Maruf MAulana.(ist)

Liputan98.com,  – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ahmad Maruf Maulana menyebut, pertumbuhan ekonomi di Kepri harus segera dibangkitkan paska Pendem Covid-19.

Menurutnya, cara yang ampuh untuk mendorong hal itu terjadi adalah dengan menghidupkan kembali sistem ekonomi kerakyatan ditengah masyarakat sebagai langkah menghadapi pandemi covid-19.

Setiap Negara atau Daerah pasti memiliki aset untuk mendorong roda perekonomian. Sementara yang dimiliki oleh bangsa Indonesia adalah aset Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu seluruh rakyatnya.

“Untuk mendukung hal itu terealisasi, ekonomi kerakyatan harus kembali dihidupkan sesegera mungkin,” katanya, Senin (13/7/2020).

Untuk mendukung hal itu, Maruf meminta, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota harus bisa membangkitkan ekonomi meski sedang dalam masa sulit seperti saat ini.

“Caranya dengan memobilisasi modal agar tercipta pergerakan ekonomi yang masif,” katanya.

Selain itu, kata dia, diperlukan juga memobilisasi kapital. Sebab jika ingin berusaha dan menggerakkan ekonomi, modalnya adalah kapital serta ekonomi kerakyatan menjadi sistem penggerak utama.

“Kalau saya lihat negara-negara kecil seperti Jepang, Korea, Singapura, di samping kearifan lokal yang mereka miliki dan gunakan, mereka juga menggunakan aset-aset yang tersembunyi. Dan aset terbesar kita adalah rakyat dan harus segera di maping peta ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.