Bawaslu Karimun Ajak Peran Aktif dan Netralitas Media Dalam Pilkada 2020

  • Whatsapp
Bawaslu Gathering dengan tema Peran Aktif Media dan Netralitas Media dalam Pilkada 2020.(ist)

Liputan98.com, Karimun – Demi menjamin Peran Aktif Media dan Netralitas Media dalam Pilkada 2020 mendatang, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun menggelar Media Gathering di Hotel Alishan Kelurahan Kapling, Selasa (14/7/2020).

Media Gathering itu dilaksanakan dengan tema Peran Media dan Netralitas dalam tahapan Pemilu 2020.

Ketua Bawaslu Karimun Nurhidayat mengajak kepada awak media untuk ikut berperan dalam melakukan pengawasan terhadap tahapan Pilkada 2020 yang sedang berjalan.

“Ada persamaan tugas antara bawaslu dan rekan-rekan media yang tentu mesti sama-sama mengawasi, walaupun secara general, media tentu memainkan fungsi kontrol terhadap semua aspek,” katanya.

Ia menyebutkan, media merupakan mitra paling potensial bagi Bawaslu, sehingga jika ditemukan adanya dugaan-dugaan dalam pelanggaran dalam Pilkada dapat segera di koordinasikan.

“Secara prosedural silahkan melapor ke pengawas terdekat, atau langsung ke kantor bawaslu kabupaten. Namun, dalam upaya percepatan diskusi ini melahirkan forum khusus antara bawaslu dan media,” katanya.

Ia mengatakan, dalam kegiatan itu turut dibahas mengenai keyerbukaan informasi yang harus dilakukan tanpa melanggar aturan yang ada.

“Ini ada hal-hal yang sangat prosedural, di bawaslu ada data-data yang dikecualikan sekitar 67 item, untuk mengetahui lebih jauh terkait data tersebut kita nanti bisa sharing,” kata Dayat.

Dia berharap agar para awak media juga tidak hanya terfokus pada pemberitaan, namun bersama-sama mengawal proses dan tahapan yang berlangsung.

“Besok tahap coklit akan mulai, ini juga harapannya rekan-rekan media ikut memantau dan ikut mengawasinya, jika ada hal-hal yang katakan lah petugas coklit tidak datang ke rumah masyarakat sampai tanggal 13 ya tidak ada salahnya juga melaporkan ke kami” katanya.(ky)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.