Dinsos Karimun Akui Minim Tempat Penampungan Gepeng

  • Whatsapp
Kepala Dinas Sosial Syahrudin ditemui di Karimun.(ist)

Liputan98.com, Karimun – Dinsos Kabupaten Karimun membutuhkan rumah penampungan dalam penanganan Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) di wilayah Kabupaten Karimun.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Karimun Syahrudin mengatakan, Dinas Sosial Karimun dalam penanganan gepeng di jalanan terpaksa melakukannya di luar daerah lantaran tidak memiliki tempat penampungn yang memadai.

“Tempat penampungan kita belum ada, itu yang menjadi masalah,” kata Syahruddin.

Ia mengatakan, jika terjadi permasalahan terhadap anak, baik menyangkut hukum atau sosial. Dinsos Karimun selalu melakukan rehabilitas di luar daerah seperti Batam dan Tanjungpinang.

“Setiap ada penanganan dari penindakan gepeng di jalanan protokol, pasti Kita bawa ke Batam. Apabila tersedia tempat disini, tentu kita tangani mandiri,” katanya.

Lebih lanjut, Syahrudin menyebut, bukan tidak mungkin Pemkab Karimun untuk dapat membangun tempat penampungan serta lokasi rehabilitas tersebut. Namun, kebijakan atau wewenang ada di Pemerintah Provinsi Kepri. Pihaknya sangat membutuhkan rekomendasi tersebut.

“Apabila ingin membangun kita siap segi lahan dan alokasi anggaran, tetapi kewenangan pelaksanaan ada di Pemprov. Harapanya perihal ini segera da[pat ditindaklanjuti” katanya.

Bisa saja Pemkab mensiasatinya berkolerasi dengan penampungan swasta. Namun prosesnya memerlukan biaya yang cukup besar untuk setiap penitipan tersebut.

“Terpaksa kita kordinasi dengan penampungan swasta apabila membeludak dalam penanganan gepeng, namun membutuhkan biaya yang tidak sedikit,” tandasnya.(ky)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.