Jelang Idul Adha Karantina Karimun Awasi Hewan Kurban

  • Whatsapp
Petugas Karantina Karimun sedang awassi lalu liontas hewan kurban.(ist)

Liputan98.com, Karimun – Karantina Pertanian Kelas II Tanjungbalai Karimun perketat pengawasan hewan kurban jelang Idul Adha 1441 Hijriyah/2020 Masehi.

Selain memastikan kesehatan hewan kurban, petugas juga turut melakukan pemeriksaan surat- surat dokumen karantina memastikan tidak adanya sapi bodong.

Namun demikian, sampai H-7 perayaan Idul Adha 1441 Hijriyah, petugas Karantina memastikan belum ada sapi bodong atau sapi tanpa dokumen karantina di Karimun.

“Tahun ini kita belum ada temukan,” kata Koordinator Fungsional Karantina Hewan Stasiun Karantina Pertanian Kelas IIB Tanjungbalai Karimun, Jemi Diporianto, Selasa (22/7/2020).

Ia mengatakan, pada tahun 2020, sedikitnya ada 10 sapi bodong ditemukan di Karimun. Sapi- sapi itu, masuk ke Karimun dengan modus memalsukan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

“Ada 10 ekor sapi bodong pada tahun lalu. Jadi modusnya itu pemilik memeriksakan satu ekor sapi dan kemudian memalsukan SKKH untuk sapi-sapinya yang lain,” katanya.

Jemi menyebutkan terhadap pemilik sapi bodong yang ditemukan tahun lalu tersebut, pihak meminta segera mengurus SKKH dan surat izin Karantina.

“Tahun lalu kita tindak sampai penolakan. Ada yang sampai mau dipidanakan karena pemilik tidak mau sapinya diperiksa. Lalu selesainya setelah pemilik akhirnya mau diperiksa dan mengurus surat-surat,” katanya.

Ia menyebutkan, apabila di tahun 2020 ini pihaknya kembali menemukan Sapi Bodong kembali, pihaknya akan melakukan penahanan sampau persyaratan dilengkapi oleh pemilik hewan kurban.

“Kita minta melengkapi dokumen. Dokumen SKKH sekarang menyertakan uji lab brucellosis dan jembrana serta sertifikat karantina. Untuk mengurusnya di daerah asal hewan, bukan di sini,” jelas Jemi.(ky)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.