Plt Gubernur Kepri Isdianto akan Dilantik secara Definitif Menggantikan NB

  • Whatsapp
Gubernur Kepri Isdianto.(foto;lip98.com)

Liputan98.com, Batam – Rencananya Plt Gubernur Kepri H Isdianto akan dilantik sebagai gubernur definitif oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (27/7/2020) mendatang di Jakarta.

Informasi tersebut beredar dikalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri, Kamis (23/7/2020).

Beberapa sumber menyebutkan Isdianto akan dilantik di Istana Negara Jakarta. Rencana rombongan akan bertolak ke Jakarta pada Minggu 26 Juli 2020 mendatang.

Dengan pelantikan itu, Isdianto akan menjadi gubernur definitif keempat di Provinsi Kepri. Setelah, Ismeth Abdullah, HM Sani dan Nurdin Basirun.

Isdianto yang telah menjadi Plt Gubernur Kepri selama satu tahun, lanjut menjalankan roda pemerintahan di Kepri setelah ditinggalkan Nurdin Basirun (NB) yang diciduk oleh KPK terkait gratifikasi izin reklamasi lahan di Tanjung Piayu, Batam.

Kasus itu, menyeret beberapa nama pengusaha dan Kepala Dinas di Kepri. Pelantikannya juga didasari oleh keputusan pengadilan atas mantan gubernur Kepri terdahulu NB yang telah dijatuhi vonis pidana 4,7 tahun penjara.

Isdianto adalah adik kandung dari HM Sani (alm) Gubernur Kepri pemenang Pilgub 2015 kedua, Isdianto diangkat oleh partai koalisi setelah kekosongan jabatan wakil gubernur.

Wakil gubernur pada saat itu ditinggal naik oleh NB setelah melanjutkan kepemimpinan gubernur almarhum H M Sani yang meninggal dunia dimassa jabatannya.

Menariknya, Isdianto juga akan tercatat dalam sejarah Kepri sebagai saudara kandung pertama yang bakal menjadi gubernur definitif di sebuah provinsi di Indonesia.(nug)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.