HAN 2020, Tiga Napi Anak Dapat Remisi Khusus di Karimun

  • Whatsapp
Pemberian Remisi Khusus pada Napi Anak dalam peringatan HAN 2020 di Rutan Karimun.(ist)

Liputan98.com, Karimun – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2020, Tiga anak didik permasyarakatan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II Tanjungbalai Karimun mendapatkan remisi khusus, Jumat (24/7/2020).

Pemberian Remisi Khusus itu dilakukan secara daring dengan melalui video converence langsung oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI.

Ketiga anak itu mendapatkan pemotongan masa tahanan masing-masing selama satu bulan. Dari ketiga anak tersebut, dua diantaranya terlibat perkara perlindungan anak dan seorang lainnya terlibat kasus pencurian.

“Penyerahan remisi kemarin juga dilaksanakan melalui video conference seluruh Indonesia di Hari Anak Nasional,” kata Kepala Rutan Kelas II B Dody Naksabani, Jumat (24/7/2020) kemarin.

Dody menyebutkan, untuk warga binaan anak atau anak didik permasyarakatan berjumlah 7 orang. Angka tersebut menyusut lantaran sebagian Napi Anak telah dibebaskan melalui program asimilasi.

“Sebelumnya 12 orang dan saat ini tinggal tujuh orang. Diantaranya juga ada yang ikut program asimilasi,” katanya.

Dody mengatakan, dalam penanganan anak pihaknya membedakan dengan penanganan warga binaan dewasa. Menurutnya, untuk tahanan anak-anak memiliki sel tersendiri dan pembinaan dilakukan seperti layaknya keluarga.

“Mereka di sel tersendiri. Aktifitas warga binaan anak pagi-pagi itu olahraga. Sentuhan kita terhadap mereka juga seperti orangtua kepada anak,” katanya.

Kemudian untuk pendidikan warga binaan anak di Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun juga diperhatikan. Mereka diikutkan ke program paket pendidikan setara sekolah reguler.

“Disini kan ada Paket A, B dan C. Tapi untuk sekarang karena pandemi Covid-19 masih terhenti,” katanya.(ky)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.