Wali Kota Batam Enggan Test Swap Setelah Kontak Erat Dengan Gubernur

  • Whatsapp
Rudi mengucapkan selamat atas dilantiknya Isdianto.(ist)

Liputan98.com, Batam – Wali Kota Batam Muhammad Rudi dikabarkan enggan melakukan tes swab usai dirinya bertemu dengan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto yang telah dinyatakan positif Virus Corona (Covid-19).

Berdasarkan foto yang beredar dalam kegiatan Gubernur, Wali Kota Batam termasuk yang melakukan kontak erat dengan Gubernur Kepri H. Isdianto hingga melakukan jabat tangan.

Namun, hingga saat ini Wali Kota yang rangkap jabatan Kepala BP Batam tersebut diketahui belum menjelani tes swab.

Baca juga : Gubernur Kepri Isdianto Positif Covid 19

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, dr Didi Kusmarjadi mengatakan, dalam hal ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam hanya menjalankan protokol kesehatan yang berpatokan terhadap keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Revisi Kelima.

Dimana salah satu point dalam keputusan tersebut mengatur tentang ketentuan Swab. Kemudian yang kedua orang yang wajib menjalakan test swap adalah orang dengan gejala ISPA dan dan riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi Covid-19.

“Didalam keputusan Menteri Kesehatan No.01.07/MENKES/ 413/2020, dinyatakan bahwa proses pencarian (find), dimulai dengan mencari suspek, di mana yang termasuk di dalam kriteria kasus suspek adalah yang pertama ISPA dan riwayat perjalanan dari negara atau wilayah transmisi local,” kata Didi melalui pesan WhatsApp, Senin (3/8) di Batam.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.