Enam WNA Ukraina Positif Covid-19 Saat Mendarat di Bandara Tanjungpinang

  • Whatsapp
Plt Kadinkes Kepri Tjetjep Yudiatna.(ist)

Liputan98.com, Tanjungpinang – Enam orang warga negara asing (WNA) asal Ukraina dinyatakan positif terpapar Virus Corona (Covid-19), Rabu (5/8/2020). Puluhan WNA tersebut, merupakan TKA yang akan bekerja di Indonesia.

Pernyataan itu, berdasarkan hasil pemeriksaan swab tenggorokan dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dilakukan oleh pihak Bandara RHF Tanjungpinang, Kepri.

Baca jugaGubernur Kepri Isdianto Positif Covid 19

Plt Kepala Dinas Kesehatan Tjetjep Yudiyana mengatakan, 10 orang WNA Ukraina tiba di Bandara Raja Haji Fisabililah (RHF) Tanjungpinang dengan menggunakan helikopter carter, pada Senin (3/8/2020) lalu.

“Mereka ada 10 orang WNA termasuk kru helikopter, enam orang ternyata dinyatakan positif berdasarkan pemeriksaan swab,” katanya.

Baca juga739 Orang Sudah Mengikuti Uji Swab

Tjetjep menjelaskan, WNA Ukraina tersebut terbang dari Malaysia dengan tujuan Banjarmasin, Kalimatan Selatan, kemudian mendarat di Tanjungpinang untuk istirahat dan pengisian bahan bakar helikopter.

“Dari Malaysia itu kan jauh perjalanannya, kalau helikopter itu kan lama, jadi mereka singgah untuk istirahat dan isi bahan bakar,” jelasnya.

Tjetjep menyebutkan, saat ini 10 warga Ukraina akan dikarantina di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kilometer 16 Bintan, Kepri, untuk penanganan medis.

Pihaknya akan kembali melakukan pemeriksaan swab berkala kepada empat warga Ukraina yang sebelumnya dinyatakan negatif.

“Hari ini akan kita ambil sampel swab, beberapa hari kedepan akan diketahui hasil Swap lanjutan mereka,” tuturnya.(ond)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.