Sektor Jasa Penyumbang Inflasi Kepri Paska Pandemi

  • Whatsapp
ILustrasi Inflasi.(ist)

Liputan 98.com, Batam – Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan Rilis Berita Resmi Statistik (BRS).

Dari rilis tersebut Inflasi kumulatif Kepri tertinggi pada kelompok pengeluaran Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya yaitu sebesar 5,66 persen, sedangkan deflasi tertinggi terjadi pada kelompok pengeluaran Transportasi.

Nilai Tukar Petani Juli 2020 tercatat masih berada di bawah 100, tepatnya hanya sebesar 96,86. Artinya daya tukar dari produk pertanian belum dapat memenuhi kebutuhan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi.

Walaupun dalam masa sulit, pandemi Covid-19, masih ada sejumlah wisatawan yang datang melalui pintu masuk Batam yaitu sebanyak 1.785 orang.

BAca juga : Pariwisata Batam Kritis, Hanya 1.785 Turis Berkunjung pada Juni 2020

Selama bulan Juni 2020, kunjungan wisatawan mancanegara berkebangsaan Filipina adalah yang paling banyak.

Statistik transportasi pada Mei 2020 mencatat bahwa penumpang moda transportasi udara yang datang lebih sedikit dibandingkan dengan yang berangkat.

Hal yang sebaliknya terjadi pada moda transportasi laut, penumpang turun lebih banyak daripada penumpang naik.

Indeks Demokrasi Indonesia 2019 Provinsi Kepulauan Riau 81,64 dimana angka ini mengalami kenaikan 2,45 poin dibandingkan tahun sebelumnya dan termasuk kategori “baik”.(r/bps)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.