BPH MIgas Sebut Program MOR I Bisa Jadi Percontohan

  • Whatsapp
BPH Migas melakukan kunjungan kerja ke Kota Batam.(ist)

Liputan98.com, Batam – Melakukan fungsi pengawasan kepada Pertamina, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) melakukan kunjungan kerja ke Kota Batam.

Anggota Komite BPH Migas, M.Lobo Balia mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk memantau ketersediaan dan kesesuaian penyaluran BBM selama masa Covid-19.

“Memastikan kebutuhan masyarakat tercukupi, kami melakukan pengawasan langsung dengan mengunjungi lembaga penyalur SPBU yang ada di Kepri khususnya Kota Batam,” kata Lobo di Fuel Terminal Kabil, Jumat (7/8/2020).

Baca jugaSekwan DPRD Batam Resmi Jadi Tahanan Tipikor

Lobo menjelaskan, BPH Migas menemukan bahwa pengaturan konsumsi Biosolar di Batam melalui sistem fuel telah berjalan dengan baik dan sesuai prosedur.

Fuel card merupakan metode pengawasan dan pengendalian penyaluran BBM subsidi Biosolar dengan sistem pembayaran non tunai.

Hanya kendaraan yang berhak dapat mengkonsumsi Biosolar subsidi, dengan maksimal konsumsi 30 liter per hari.

“Program ini dapat menjadi contoh untuk diterapkan di wilayah lainnya di MOR I dan MOR lainya di Pertamina,” ujarnya.

Dalam Laporannya General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, Gema Iriandus Pahalawan, menyampaikan kesiapan operasional Pertamina MOR I meski kondisi pandemi.

“Kami laporkan penyaluran BBM jenis Gasoline yaitu Pertamax Series, Pertalite dan Premium sampai dengan bulan Juli 2020 di Kepri mencapai 31 juta liter. Sedangkan untuk penyuran BBM jenis Gasoil yaitu Dexlite, Dex dan Biosolar sebanyak lebih dari 8,2 juta liter pada periode yang sama,” kata Gema.

Terkhusus konsumsi bahan bakar berkualitas (BBK), pada bulan Juli 2020 mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya. Pertamax misalnya mengalami peningkatan sebanyak 28 persen. Pertamax Turbo juga mengalami peningkatan sebanyak 35 persen.

“Naiknya konsumsi Pertamax dan Pertamax Turbo, menunjukan masyarakat Kepri makin memahami BBM berkualitas yang ramah lingkungan dan kualitas yang lebih baik terhadap mesin kendaraan. Alhasil kami terus mengkampanyekan penggunaan BBM berkualitas sesuai peruntukkannya,” tutupnya.(rls/ty)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.