17 Orang Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat di India

  • Whatsapp

Liputan98.com, Kozhikode – Pesawat yang memulangkan warga India yang terdampak Covid-19 mengalami kecelakaan di landasan pacu di dekat kota selatan Kozhikode, Jumat (7/8). Sedikitnya 17 orang tewas dan lebih dari 100 lainnya luka-luka.

Pesawat penumpang Air India Express ini tergelincir melebihi landasan pacu ketika hujan lebat. Kementerian Penerbangan India menyatakan penerbangan Boeing-737 dari Dubai ke Bandara Internasional Calicut membawa 190 penumpang dan awak, dengan 10 bayi.

Rekaman televisi menunjukkan petugas penyelamat bergerak di sekitar reruntuhan di tengah hujan lebat. Pesawat terbelah menjadi dua bagian setelah badan pesawat terpotong saat jatuh ke lembah 35 kaki di bawahnya. Tandu-tandu membawa penumpang yang terluka.

“Karena kondisi cuaca, dia tidak bisa mendarat untuk pertama kali. Jadi dia melakukan perubahan haluan dan mencoba mendekatinya dari arah yang berbeda,” kata Menteri Penerbangan Sipil Hardeep Singh Puri kepada penyiar nasional DD News.

Puri mengatakan hanya penyelidikan yang akan bisa mengungkapkan penyebab kecelakaan itu. “Kabar baiknya, pesawat itu putus dan kami bisa mengakses penumpang,” katanya menegaskan operasi penyelamatan telah selesai.

Saat ini pihak berwenang berhasil menyelamatkan sebagian besar penumpang karena pesawat tidak terbakar saat menuruni lereng di ujung landasan pacu. Landasan pacu semacam itu terletak di ketinggian dan memiliki turunan yang curam di salah satu atau kedua ujungnya.

Air India Express AXB1344 adalah penerbangan repatriasi. Pesawat ini dioperasikan oleh pemerintah untuk warga India yang sebelumnya tidak dapat kembali ke rumah karena pembatasan perjalanan.(*)

Sumber : Republika.co.id

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.