200 Warga Jalani Isolasi Mandiri Setelah Kontak Erat Pasien Covid 19

  • Whatsapp
ilustrasi pasien corona.(ist)

Liputan98.com, Karimun – Penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Karimun diketahui terus meningkat, ada penambahan sebanyak 8 kasus baru dalam sehari hingga total pasien positif Covid 19 di Karimun mencapat 21 warga. Seluruh warga Karimun yang terpapar Covid 19 kini tengah menjalani isolasi di RSUD HM Sani.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun bergerak cepat untuk meminimalisir penyebaran dengan melakukan penulusuran kontak erat dari seluruh pasien tersebut. Hingga hasil penelitian epitemonologi mengharuskan sekitar 200 warga Karimun menjalani karantina mandiri di rumah.

Read More

Baca juga : Bertambah 8 Kasus, Total Pasien Covid 19 di Karimun Berjumlah 21 Kasus

Ratusan warga itu diketahui memiliki kontak erat bersama 8 pasien baru yang dinyatakan positif terpapar Covid 19, pada Sabtu (15/8/20). Sebelum menjalani isolasi mandiri, ratusan warga itu juga diwajibkan menjalani tes cepat Covid 19 dan pemeriksaan swab.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi mengatakan, 200 warga tersebut merupakan hasil penelusuran atau tracing yang dilakukan pihaknya selama 2 hari. Dari 200 kontak erat, 192 orang manjalankan karantina mandiri di rumah, sedangkan 8 kontak erat lainnya menjalani isolasi di Puskesmas Kecamatan Meral Barat, karena memiliki gejala.

“Mereka didominasi oleh warga Kecamatan Kundur, Karimun. Karena terindikasi memiliki kontam erat dengam klaster Kapolsek Tanjung Batu. Disamping itu, ada juga kontak erat daei klaster Tanjung Pinang meski tak banyak,” kata Rachmadi, Minggu (16/8/2020).

Baca juga : Wartawan Positif Covid 19 di Karimun Dinyatakan Sembuh

Ia mengatakan, ratusan warga yang memiliki kontak erat bersama 8 pasien baru Covid-19 itu sebelumnya juga telah menjalani pemeriksaan swab yang dilakukan pihaknya di Puskesmas Kundur.

“Sample swap telah kita kirimkan ke BTKLPP Kelas I Batam secara bertahap untuk diteliti, sekarang kita sedang input sample daelri kontak erat lainnya. Senin besok kita kirimkan samplenya lagi,” katanya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.