HUT Kemerdekaan ke 75, Total 1.134 Napi se Kota Batam Dapat Remisi

  • Whatsapp
Kalapas Barelang Batam Misbahuddin.(lip98)

Liputan98.com, Batam – Sebanyak 2.266 orang Narapidana di Kota Batam, Kepri, diusulkan untuk mendapatkan remisi umum (Ru) HUT Kemerdekaan RI ke 75. Namun, hanya sekitar 1.134 Warga Binaan (WB) yang disetujui mendapat remisi tersebut, enam orang diantaranya langsung bebas.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Batam, Misbahuddin menyatakan, memang awalnya yang diusulkan mendapatkan remisi umum ada sebanyak 2.266 orang WB. Setelah dipertimbangkan dan melihat dari segi ketentuan, seluruh Napi yang mendapat remisi hanya 1.135 orang.

Read More

Baca juga792 Napi Lapas Barelang Batam Dapat Remisi HUT Kemerdekaan

Jumlah Narapidana yang mendapat remisi umum tersebut, terbagi di Lapas Kelas IIA Barelang Batam ada sekitar 792 orang, di Lapas Perempuan Kelas IIB Batam ada sebanyak 115 orang dan di Lapas Anak Kelas IIB ada sekitar 11 orang napi yang mendapat RU, sedangkan di Rutan Kelas IIA Batam ada sebanyak 216 napi mendapat remisi.

“Jadi jumlah keseluruhan napi yang dapat remisi umum di Batam ada sebanyak 1.134 orang, rmpat orang lebgsung dinyatakan bebas. Hal ini telah mendapat keputusan pemerintah RI melalui Kemenkumham untuk mrmutuskan narapidana mendapatkan remisi khusus Hari Ulang Tahun Kemerdekan RI,” katanya, Senin (17/8) di Batam.

Baca juga2.176 Napi di Kepri Menerima Remisi HUT Kemerdekaan ke 75

Pemberian remisi HUT Kemerdekaan RI ini, kata Misbahuddin, terbagi dalam dua keriteria yakni remisi umum (RU) I dan remisi umum II. Sebab, RU I setelah mereka mendapatkan remisi khusus masih harus menjalani sisa pidana atau subsidernya, sedangkan yang mendapatkan RU II yang bersangkutan dinyatakan bebas sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi.

“Umumnya narapidana yang mendapatkan remisi ini adalah napi kasus tindak pidana umum atau kasus narkoba. Sedangkan yang mendapatkan remisi umum II, adalah narapidana yang ketika perhitungan hukuman pokok dan hukuman tambahan tepat pada HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2020, sudah langsung bebas,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Rutan klas II A Batam Ian Patmos berpesan, kepada 216 orang napi binaan Rutan yang mendapat remisi umum dari Kemenhukam RI, wilayah Provinsi Kepri, dapat memotivasi para narapidana bisa mencapai penyadaran diri untuk terus berbuat baik. Sehingga menjadi warga yang berguna bagi pembangunan, baik selama menjalani masa pidana maupun setelah bebas ketengah masyarakat.

“Harapan kepada warga binaan yang mendapat remisi khusus, untuk selalu tingkatkan ketaqwaan dan prilaku, yang bebas hari ini tunjukkan kepada dunia anda kemarin boleh menjadi orang khilaf, mungkin orang bersalah mudah-mudahan anda seorang yang hijrah, seorang yang ingin memperbaiki diri bahkan bisa bermanfaat bagi dirimu dan orang lain,” ujarnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.