Pemko Batam Berjanji Bantu Kembangkan Produk Kerajinan WB Lapas

  • Whatsapp
Wali Kota Batam Muhamad Rudi saat menyerahkan remisi umum HUT Kemerdekaan di Lapas Batam.(lip98)

Liputan98.com, Batam – Pemerintah Kota Batam merencanakan akan memberikan bantuan kucuran dana terhadap Warga Binaan Lapas Kelas II Batam sebagai upaya mendorong warga binaan semakin produktif di masa pademi Covid I9.

Pernyataan tersebut disampaikan Wali Kota Batam Muhammad Rudi saat acara pemberian remisi umum HUT Kemerdekaan RI ke 5 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Barelang Batam.

Read More

Baca juga : HUT Kemerdekaan ke 75, Total 1.134 Napi se Kota Batam Dapat Remisi

Rudi menyampaikan Pemerintah Kota (Pemko) Batam siap membantu kreativitas warga binaan agar semakin berkembang. Lantaran produk kerajinan produksi warga binaan sangat mampu bersaing dipasar.

“Saya diberi cinderamata tadi karya warga binaan (Lapas), saya berpikir kenapa keterampilan mereka (warga binaan) tidak kita kembangkan,” ucap Rudi saat mennggunjungi Lapas Batam Senin (17/8/2020).

Baca juga : 792 Napi Lapas Barelang Batam Dapat Remisi HUT Kemerdekaan

Menurutnya, selama dibina di Lapas para warga binaan dapat mengembangkan keterampilan masing-masing sehingga lebih berdaya guna. Bentuk Pemko Batam, ia menyebutkan pihaknya siap mengucurkan anggaran.

“Melalui tangan terampil mereka akan ada kerajinan-kerajinan. Mereka membuat, bantuan kita bisa kucurkan ke sini, secara aturan boleh,” imbuhnya.

Kepala Lapas Klas II A Batam Misbahuddin mengatakan selain pembinaan secara keagamaan, para warga binaa juga dibina terkait keterampilan. Bahkan sudah banyak kreasi kerajinan yang sudah dihasilkan warga binaan.

“Hand craft banyak, seperti miniatur kapal seperti yang diberikan kepada pak wali. Banyak lagi, bahkan yang keterampilan berusaha kami bina, seperti laundry,” katanya, Selasa (18/8/20) di Batam.

Bahkan pihak lapas sudah menyediakan galeri khusus untuk menampung keterampilan yang dihasilkan warga binaan. Terkait rencana bantuan dari Pemko Batam, ia menyambut baik perihal tersebut.

“Tadi sudah langsung komunikasi dengan assisten I Pemko Batam, pak Yusfa (Yusfa Hendri),” ungkapnya.(nug)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.