Ini Program KemenkopUKM Bankit Dari Pandemi Covid 19

  • Whatsapp
Rapat Koordinasi Tingkat Menteri dipimpin oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.(ist)

Liputan98.com, Jakarta – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) membuat program terobosan guna mengurangi dampak Covid-19. Saat ini, sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tengah mengalami beberapa kendala. Hal ini membutuhkan langkah cepat dan efektif.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berupaya mendorong UMKM agar beradaptasi dan melakukan inovasi produk. Salah satu strateginnya yakni menyesuaikan permintaan market baru.

Read More

Dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri, Teten mengatakan pelaku UMKM harus mampu mengatasi dua persoalan. Pertama, keterbatasan pembiayaan.

Kedua, masalah menurunnya permintaan. Penyelesaiannya, KemenkopUKM pun melakukan beberapa langkah strategis.

Menurut Teten, dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), KemenkopUKM telah menjalankan program gerakan belanja di warung tetangga.

Hal ini guna memperkuat warung tradisional yang mengalami kesulitan bersaing dengan jaringan ritel modern.

Program tersebut, kata Teten, akan menjadi rantai distribusi pangan. Selain itu, bisa menstabilkan harga pangan.

Pada tahap awal dilakukan di Jabodetabek bekerja sama dengan DGR, yang memiliki aplikasi digital untuk memasok kebutuhan sembako ke warung-warung.

“Kita ingin ini ke depan menjadi rantai distribusi pangan, yang bisa kita gunakan untuk keperluan stabilisasi harga pangan. Ada 3.5 juta warung tradisional. Di jabodetabek kerjasama dengan DGR, Yang punya aplikasi digital untuk mensuplai kebutuhan sembako ke warung-warung,” katanya dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri membahas program dan kebijakan strategis dalam penanganan dampak Pandemi Covid-19 dari sisi ekonomi, di Badung, Bali, Jumat (21/8/2020).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.