KPU Karimun Tegaskan Calon Bupati Petahana Wajib Cuti Sebelum Kampanye

  • Whatsapp
Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko.(ist)

Liputan98.com, Karimun – Ketua KPU Kabupaten Karimun Eko Purwandoko menegaskan kepada Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Karimun dari Petahana wajib ajukan cuti selama masa kampanye Pilkada Karimun 2020 berlangsung.

Menurutnya, kepala daerah atau petahana harus mengajukan cuti selama masa kampanye Pilkada 2020 atau selama 71 hari terhitung 26 September hingga 5 Desember 2020 lantaran telah diatur oleh Undang-Undang Pemilu.

Read More

Baja juga : Calon Petahaan Pilkada Karimun Raih Dukungan Hanura

Cuti bagi calon Petahana itu, sejatinya sudah harus diajukan sebelum tanggal 26 September 2020. Sementara untuk Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati dari Anggota DPRD wajib mengundurkan diri sebelum tanggal 26 September begitu juga calon yang menjabat sebagai ASN atau pegawai BUMD .

Sebab, perihal itu, diakui Eko, telah diatur dalam Pasal 70 ayat 3 UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada serentak gubernur, bupati dan walikota yang mencalonkan diri kembali pada daerah yang sama dalam melaksanakan kampanye harus memenuhi ketentuan.

“Cuti itu selama masa kampanye, artinya dari tanggal 26 sampai 3 hari menjelang hari H pemilihan suara, calin petahanan wajib mengajukan cuti dan tidak mendapatkan fasilitas yang terkait dengan jabatannya,” kata Eko, Kamis (27/8/2020).

Baca juga : Iskandar- Anwar Pastikan Maju Pilkada Karimun

Eko kembali mengingatkan, proses cuti itu harus dilakukan Petahana sebelum tanggal 26 September mendatang kepada Gubernur Kepri nantinya. Selama masa cuti itu, jabatan kepala daerah dalam hal ini Bupati Karimun akan digantikan oleh Pelaksana Tugas yang ditunjuk oleh Gubernur Kepri sesuai dengan ketentuan.

“Selama cuti, jabatan Bupati akan digantikan oleh Plt yang ditunjuk Gubernur sesuai dengan ketentuan. Setidaknya sosok penganti itu setingkat dengan Sekretaris Daerah,” katanya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.