Polisi Kesulitan Bekuk Tersangka Narkoba Karena Dihalagi Warga

  • Whatsapp
pengeder narkoba bernama Toing di Kampung Beting, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, gagal diamankan polisi.(ist)

Liputan98.com, Pontianak – Operasi kepolisian dalam menangkap salah seorang pengeder narkoba bernama Toing di Kampung Beting, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, gagal.

Selain pelaku terlebih dahulu melarikan diri, upaya kepolisian untuk melakukan pengejaran dan pengembangan juga mendapat gangguan dari warga setempat.

Dalam video yang beredar, tampak puluhan warga mengerumuni aparat kepolisian yang sedang menjalankan tugas.

Bahkan, ada sekelompok oknum warga terlihat mengejar petugas yang mengendarai sepeda motor. Kapolresta Pontianak Kombes Pol Komarudin membenarkan peristiwa perlawanan dari warga tersebut.

“Kegiatan penindakan kepolisian mendapat perlawanan dari sekelompok orang yang mungkin punya hubungan langsung dengan target kita (Toing),” kata Komarudin, Rabu (26/8/2020).

Komarudin menjelaskan, penggerebekan tersebut bermula ketika kepolisian mendapat informasi seorang pengedar narkoba bernama Toing.

Setelah dipastikan, sejumlah anggota mendatangi rumahnya dan melakukan penggerebekan.

“Yang digerebek itu namanya Toing. Dia salah satu target kita. Dia berhasil melarikan diri,” ungkap Komarudin.

Di rumah itu, kepolisian hanya berhasil mengamankan barang bukti narkoba jenis sabu, timbangan elektronik, uang tunai dan alat isap sabu.

“Ini mengindikasikan pelaku betul adalah target kita. Tapi sangat disayangkan, dalam penegakan hukum kemarin, ada perlawanan dari orang-orang yang diduga ikut menikmati,” ucap Komarudin.

Komarudin memastikan, tindakan penggerebekan telah dilakukan secara profesional dan sesuai undang-undang.

“Juga tidak ada anggota yang terluka dalam kejadian tersebut,” jelas Komarudin.

Komarudin memastikan telah mengantongi identitas Toing dan belasan pengedar narkoba di Kampung Beting.

Salah satunya Zulkifli Kadir alias Zul, yang merupakan bandar besar di kampung beting yang juga kerap gagal saat akan diamankan.

Bahkan Pelaku ini tidak segan-segan menimbalkan orang lain agar dirinya tetap bisa berkeliaran menjual barang haram tersebut di wilayah Kampung Beting tersebut. 

“Selain Toing ada juga pengedar atas nama Zulkifli Kadir alias Zul juga sedang kami buruh, di Beting Zul juga merupakan pengendar besar,” ungkapnya.

Namun, kendala yang dihadapai adalah para pengedar narkoba tersebut berlindung di balik aktivitas warga.

“Jika nanti memungkinkan untuk menurunkan kekuatan yang lebih besar, pasti akan kita lakukan,” tegas Komarudin.(kcm/yog)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.