Sinyal Minim di Pesisir Karimun Belajar Daring jadi Terhambat

  • Whatsapp
Proses belajar mengajar di Kabupaten Karimun, Senin (13/7).(ist)

Liputan98.com, Karimun – Pandemi Covid 19 memaksa sistem belajar mengajar di Kabupaten Karimun tetap dilakukan secara daring atau online. Ssistem pembelajaran Satuan Pendidikan di wilayah Kabupaten tersebut dijalankan secara berjaringan.

Penerapan sistem daring itu dilakukan secara merata di seluruh wilayah Kabupaten Karimun. Itu dilaksanakan, sebagai upaya untuk memutus penyebaran COVID-19 yang terus meningkat kasusnya di Indonesia.

Read More

Baca juga : Ibu-ibu Curhat ke Bupati Karimun Terkait Dampak Pandemi Covid 19

Hanaya saja, penerapan sistem belajar secara online baik dalam sisi sarana dan prasarana masih minim penyedia layanan provider daring hingga ke daerah pesisir.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim, menyebutkan, umumnya 20 persen hambatan yang dialami adalah mereka yang berada di daerah-daerah pulau di Karimun. Tidak sedikit masyarakat yang mengeluhkan kurangnya akses jaringan untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.

“Hambatan yang paling dirasakan adalah jaringan seluler untuk mendukung sistem oprasi android seperti di daerah Kecamatan Moro sinyalnya masih minim. Belajar daring menggunakan handphone untuk daerah pulau ini mungkin hambatannya jaringan,” ujar Bakri, Selasa (1/9/2020).

Lanjutnya, meski 20 persen proses pembelajaran terhambat, namun sebagian besar siswa siswi dinilai mampu untuk mengikuti proses belajar secara online. Umumnya, mereka yang berada di perkotaan tidak ada maslah dalam mengakses metode pembelajaan. Untuk mensiasatinya agar proses pembelajaran terus berjalan efektif, pihaknya telah memberikan langkah alternatif dengan sistem pembelajaran secara luring.

“Sebenarnya kalau mereka tidak mampu, ada alternatif lain. Mereka boleh minta belajar secara Luring. Luring itu kan diluar jaringan, artinya guru mengantar semua tugas-tugas ke rumah. Seperti di PAUD, ada namanya Guling (Guru Keliling), jadi inisiatif guru-guru PAUD ini mereka melakukan Guling. Di kelompok beberapa rumah, nanti guru ke rumah itu,” katanya.(ky)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.