Kemendikbud Siap Bangun SMK Indonesia di Malaysia

  • Whatsapp

Liputan98.com, Jakarta – Direktorat Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan pembangunan unit sekolah baru (USB) SMK Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) di Sabah, Malaysia, dengan kompetensi keahlian tata boga dan perhotelan. Ground breaking pembangunan USB SMK SIKK ini dilakukan dengan pemancangan tiang perdana, serta diresmikan secara simbolis melalui daring oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto.

Wikan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan komitmen berbagai pihak dalam mewujudkan pembangunan USB SMK SIKK. Wikan juga memohon bantuan agar dalam pengembangan amanah penyaluran dana pembangunan SMK tersebut, agar dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

Read More

“Saya sempat kaget, karena selain jurusan tata boga serta perhotelan dan jasa pariwisata, SMK SIKK juga telah memiliki jurusan teknik pesawat terbang yang masih terbilang jarang. Ini suatu terobosan yang sangat baik, meski membutuhkan dana besar,” kata Wikan, dikutip Gatra.com, Sabtu (5/9).

Wikan pun juga menjelaskan, berapa pun anggaran pembangunan yang disiapkan harus diiringi juga dengan kesiapan SDM-nya, baik secara kuantitas maupun kualitas. Jangan sampai, Sambung Wikan, nantinya para guru-guru yang tidak mau berubah. Karena tidak hanya sebagai guru, tapi juga nantinya pengahar akan menjadi sosok coach hingga teman dari siswa.

“Bagi kami, faktor kesuksesan 80 persen berasal dari manusia yang berani melakukan terobosan ‘link and match’ dengan industri. Tidak hanya ‘pacaran’, tapi ‘menikah’ dengan industri,” terangnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.