Tekad Ansar Mensiasati Pendidikan Vokasi Bagi Anak Dengan Ekonomi Terbatas

  • Whatsapp

Liputan98.com, Batam – Pendidikan adalah modal utama untuk mampu membangun sebuah Negara atau Daerah. Bahkan, jumlah anak di Kepulauan Riau ini yang tidak mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi karena keterbatasan kemampuan ekonomi orang tuanya terus bertambah.

Tak sedikit para generasi muda di Kepri yang hanya lulusan sekolah setingkat SLTA atau SMK yang hanya mampu meniti karir tak sesuai ekspetasinya. Agar dapat bersaing didunia kerja mereka wajib membekali diri dengan keterampilan atau pengalaman yang mumpuni.

Read More

Pemerintah daerah harus berfikir bagaimana membuat kebijakan agar dapat mendorong mereka bisa menikmati jenjang pendidikan lebih tinggi untuk membekali pada generasi produktif memiliki ketrampilan cukup.

Baca juga : Tolak Ukur Masyarakat Memilih Pasangan Ansar – Marlin di Pilkada Kepri

Saat menggelar silaturahmi dengan masyarakat Baloi Kota Batam, Bakal Calon (Bacalon) Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad SE MM, mengungkapkan tekadnya untuk memperjuangkan keterbatasan yang selama ini dirasa oleh anak-anak dengan ekonomi keluarga yang terbatas agar dapat dibekali pengetahuan dan pendidikan yang cukup.

Salah satu kebijakan yang bisa membantu anak-anak tersebut, kata Ansar, adalah pendidikan vokasi yang dibantu oleh pemerintah pusat dengan dorongan dari pemerintah daerah setempat.

Menurutnya, pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan Diploma (diploma 1, diploma 2, diploma 3 dan diploma 4) yang setara dengan program pendidikan akademik strata 1. Lulusan pendidikan vokasi akan mendapatkan gelar vokasi/gelar ahli madya.

“Pendidikan tinggi vokasi itu, bukan di pemerintah daerah, namun kewenangan pengelolaanya di pemerintah pusat, kementerian pendidikan dan kebudayaan. SD dan SMP tanggung jawab Kab/kota, SMA/SMK di provinsi dan perguruan tinggi di pemerintah pusat walaupun kampusnya di daerah, hal ini akan kami perjuangan untuk memperbaiki tingkat pendidikan anak-anak Kepri,” jelasnya, Sabtu (5/8/20).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.