4.300 Karyawan Singapore Airlines di PHK Dampak Pandemi Covid 19

  • Whatsapp

Liputan98.com, Singapura – Pandemi Covid 19 dipastikan menjadi wabah yang membawa dampak paling buruk di dunia saat ini. Sebab Virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Cina, terbukti menghantam segala sektor yang mendukung sendi kehidupan dibelahan dunia mana pun.

Tidak hanya Negara berkembang yang merasakan dampaknya. Bahkan negara maju banyak merasakan gejolak ekonomi yang ditimbulkan dari pandemi saat ini.

Read More

Yang paling terasa adalah sektor kesehatan, ekonomi, pariwisata dan industri. Bahkan, tak sedikit sektor transportasi laut, darat dan udara lumpuh dibuatnya.

Negara tetangga, Singapura mengaku merasakan masalah ini. Salah satunya, moda transportasi negara Singa ini, yang terpaksa merumahkan ribuan karyawannya.

Singapore Airlines (SIA) melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 4.300 karyawan atau sekitar 20 persen dari tenaga kerjanya karena virus corona.

SIA adalah maskapai penerbangan terbaru yang mengumumkan PHK besar-besaran akibat tekanan virus corona.

Kepala eksekutif Singapore Airlines Goh Choon Phong menyatakan keputusan sulit itu dilakukan demi mengurangi tekanan yang terjadi akibat ketidakpastian penyelesaian kasus corona.

“Terus terang, masa depan tetap sangat menantang, mengingat harapan bahwa jalan menuju pemulihan akan panjang dan penuh dengan ketidakpastian. Ini merupakan titik di mana kami harus membuat keputusan yang sangat sulit untuk menerapkan langkah-langkah pengurangan staf secara tidak sukarela” katanya seperti dikutip dari AFP, Jumat (11/9).

Dia menambahkan di masa penyebaran virus corona, Singapore Airlines memang rentan mengalami tekanan kinerja di banding maskapai besar lainnya di dunia.

Pasalnya, operator penerbangan yang mengalami kerugian bersih US$800 juta pada kuartal I 2020 lalu tersebut tidak memiliki pasar domestik dan sepenuhnya bergantung pada rute internasional.

Ia menambahkan semenjak pandemi, maskapai hanya beroperasi 8 persen saja.

Sementara itu Menteri Transportasi Singapura Ong Ye Kung mengatakan pemerintah akan berusaha membantu pekerja yang terdampak oleh kebijakan Singapore Airline itu.(cnni)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.