Relawan Vaksin Anti Covid 19 Dinyatakan Positif Virus Jenis Baru

  • Whatsapp

Liputan98.com, Jakarta – Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 menyampaikan keterangan soal adanya seorang sukarelawan vaksin Sinovac yang terpapar virus corona jenis baru, SARS CoV-2 atau Covid-19.

Peneliti Utama dari Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19, Prof. Dr. Kusnandi Rusmil, dr.,Sp.A(K).,MM., mengatakan, sukarelawan uji coba vaksin ini tidak tidak bisa dipastikan mendapat suntikan vaksin atau plasebo.

Read More

“Kronologis pada relawan tersebut, setelah mendapatkan ‘suntikan’ (tidak diketahui vaksin atau plasebo) pertama pada kegiatan penelitian vaksin Covid-19, bepergian ke luar kota,” katanya dalam keterangan tertulis, dikutip dari Gatra.com, Minggu (13/9/20).

Baca juga : Pasien Positif Covid 19 di Batam Tembus 916 Kasus

Pada kunjungan untuk “suntikan” selanjutnya atau kedua, lanjut Kusnandi,? sukarelawan secara klinis dinyatakan sehat dan diberikan “suntikan” kedua. Keesokan harinya, sukarelawan menjalani program pemeriksaan swab nasofaring dari Dinas Kesehatan (Dinkes) karena ada riwayat ke luar kota.

“Oleh petugas dilakukan pengambilan bahan dari apus hidung dan kemudian dikirimkan ke laboratorium BSL2 (Dinas Kesehatan) dengan hasil positif. Hasil yang positif tersebut harus disampaikan kepada yang bersangkuta,” ungkapnya.

Menurutnya, terhadap orang dengan hasil apus hidung positif dilakukan isolasi mandiri dan terdapat program pemantauan secara ketat setiap harinya. Selama 9 hari pemantauan, kondisi sukarelawan dalam keadaan baik.

“Kesimpulan hasil pemeriksaan apus hidung positif bukan berasal dari tim penelitian, tapi hasil dari program pemeriksaan swab nasofaring oleh pemerintah dan perlu dilanjutkan dengan pengawasan ketat,” katanya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.