Ini Dua Kecamatan Baru di Karimun Yang Disahkan

  • Whatsapp

Liputan98.com, Karimun – Dua Kecamatan baru di wilayah Karimun resmi terbentuk. Hal itu setelah usulan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) terkait pemekaran dua kecamatan tersebut disetujui DPRD Karimun, Selasa (15/9/2020).

Usulan tersebut disetujui dalam Paripurna Ranperda pengesaha yang dilakukan di DPRD Karimun, yang direncanakan akan direalisasikan pada tahun 2021 mendatang.

Read More

Dua Kecamatan baru itu diantaranya Kecamatan Sugie Besar dan Kecamatan Selat Gelam. Kedua Kecamatan itu merupakan pemekaran dari Kecamatan Moro dan Kecamatan Selat Gelam.

Wakil Ketua Pansus DPRD Karimun tentang Pembentukan Kecamatan Sugie Besar dan Selat Gelam Efrizal dalam laporannya mengatakan, pembentukan dua kecamatan baru tersebut sudah lama diidam-idamkan masyarakat setempat dalam mewujudkan kemudahan dan percepatan pelayanan dan pembangunan.

Ia menyebutkan, nantinya Kecamatan Selat Gelam terdiri dari 3 desa antara lain Desa Parit, Desa Tulang dan Selat Mendaun. Sementara untuk Kecamatan Sugie Besar terdiri dari Desa Sugie, Rawajaya, Keban, Nur Permai, Selat Mie, Buloh Patah dan Desa Tanjung Pelanduk.

“Selat Gelam ada sekitar 24 pulau dan Sugie Besar ada 55 pulau. Untuk pusat pemerintahan, Kecamatan Selat Gelam di Desa Parit, sementara Kecamatan Sugie Besar di Desa Rawa Jaya,” katanya.

Efrizal menyebut Perda tentang Pembentukan Kecamatan Selat Gelam dan Sugie Besar itu akan dibahas lebih lanjut dalam rapat evaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdesaan bersama Pemerintah Provinsi Kepri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.