Satu Pasien Dinyatakan Positif, Seluruh Tenaga Medis di RSBT Karimun di Swap

  • Whatsapp
Ilustrasi peroses pengambilan sample swap tes.(ist)

Liputan98.com, Karimun – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Karimun lakukan pemeriksaan swab terhadap tenaga kesehatan di Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Karimun.

Pemeriksaan swab tersebut dilakukan Tim Gugus Tugas pasca salah satu pasien yang di rawat di RSBT Karimun terkonfirmasi positif COVID-19.

Read More

Pasien yang diketahui berjenis kelamin laki- laki itu meninggal dunia di RSBT Karimun. Ia sempat menjalani perawatan sebelum meninggal dunia, Selasa (15/9/2020) malam.

Dari hasil pemeriksaan swab dilakukan oleh Tim Gugus Tugas, Pasien berusia 17 tahun itu positif terpapar COVID-19.

Tes swab tenggorokan terhadap tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat itu harus dilakukan mengingat mereka kobtak langsung dengan pasien positif tersebut.

“Besok (hari ini,red) kita swab,” ujar Rachmadi, Rabu (16/9/2020) malam.

Rachmadi mengatakan, dokter dan perawat RSBT Karimun saat itu belum mengetahui bahwa pasien yang mereka rawat tersebut terpapar virus Corona sebelumnya. Pasien diketahui positif Covid-19 setelah meninggal dunia.

“Belum, tahunya setelah hasil swab keluar pasien sudah meninggal dunia,” ujar Jubir Tim Gugus Tugas Rachmadi.

Hanya saja, saat merawat pasien tersebut, dokter dan perawat RSBT Karimun menerapkan protokol kesehatan yang standar. Karena pada awalnya pasien tersebut dirawat di RS Bakti Timah atas permintaan pasien sendiri. Atas kejadian itu, pihak Dinkes juga menyatakan tidak perlu untuk menutup RSBT sementara waktu.

“InsyaAllah pelayanan di RSBT Karimun tidak tutup,” kata Rachmadi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.