Penetapan Paslon di Pilkada 2020 Dilaksanakan Virtual

  • Whatsapp
Ilustrasi Pilkada 2020.(ist)

Liputan98.com, Jakarta – Penetapan pasangan calon (paslon), dalam pelaksanaan Pilkada 2020 akan dilaksanakan, Rabu (23/9/2020).

Pelaksanaan penetapan pasangan calon merupakan tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 serentak yang dilakukan di ratusan Kabupaten/Kota di Indonesia.

Read More

Data KPU ada sebanyak 735 pasangan calon dari sejumlah daerah di Indonesia yang mendaftar.

“Penetapan paslon dilakukan secara online, dan pengumuman digelar di Kantor KPUD daerah masing-masing,” kata Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate, Selasa (22/9/2020).

Penetapan paslon dilakukan secara daring lewat situs resmi KPU. Hal ini dilaksanakan berdasarkan keputusan yang disepakati pemerintah dan elite parpol menyusul pelanggaran protokol Covid-19 secara masif di masa pendaftaran.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020, paslon yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dipersilakan mengajukan sengketa tata usaha negara pada 23 September-9 November.

Sementara paslon yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) diperbolehkan melanjutkan tahapan. Mereka akan mengikuti pengundian nomor urut pada 24 September.

Lalu paslon tersebut diperbolehkan berkampanye mulai 26 September. Kampanye pilkada kali ini digelar selama 71 hari hingga 5 Desember mendatang.

Selanjutnya, pada 6-8 Desember, masa tenang dimulai. Tak boleh ada satu pihak pun yang melakukan kampanye. Kemudian tepat pada 9 Desember pencoblosan digelar. (cnni)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.