Tertarik BBK Murah Kadin Kepri Tapi Investor Bimbang Tarif Logistik Mahal

  • Whatsapp
container ship at container terminal.(ist)

Liputan98.com, Batam – Persoalan mahalnya tarif container di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, menjadi perhatian serius dikalangan investor yang ingin menanamkan modalnya di Kawasan Perdagangan Bebas Batam.

Dalam telewicara antara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dengan kalangan investor asal Jepang dan Amerika Serikat saat peresmian Paket BBK Murah Kadin akhir pekan lalu, masalah ini sempat mengemuka.

Read More

Hajime Kinoshita, Chairman Indonesia – Japan Economic Development, mengatakan tarif logistic dan container di Batam menjadi perbincangan serius calon investor yang hendak memindahkan operasinya ke pulau ini.

“Menurut saya masalah tarif logistic ini harus dipikirkan solusinya karena selalu dipertanyakan pelaku industry manufaktur di Jepang. Jika tidak, maka ini akan menurunkan daya saing Batam sebagai destinasi investasi,” ujarnya.

Kinoshita menjelaskan dalam upaya meningkatkan daya saing kawasan, maka pemerintah harus bisa menjamin terjadinya efisiensi pada biaya-biaya layanan public dan infrastruktur agar operasional perusahaan dan produk yang dihasilkan semakin kompetitif.

Pada April 2019 lalu, Wapres Jusuf Kalla telah menginstruksikan kepada Kepala BP Batam waktu itu untuk segera membereskan masalah mahalnya tarif logistic ini termasuk membenahi dan modernisasi Pelabuhan Batu Ampar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.