Selama Tahapan Pilkada 2020, Paslon dan Penyelenggara Pemilu Dikawal Polisi

  • Whatsapp

Liputan98.com, Karimun – Kepolisian Resor Karimun menjamin setiap Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun mendapatkan pengawal pribadi (Walpri) dari anggota Kepolisian.

Untuk pengamanan dan pengawalan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Karimun pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak Tahun 2020, Polres Karimun menugaskan dua anggotanya sebagai pengawal pribadi (Walpri) pada masing-masing paslon.

Read More

Tidak hanya pasangan calon, dua personil juga turut ditugaskan untuk melakukan pengamanan dan pengawalan terhadap Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Karimun.

Kabag Ops Polres Karimun AKP Lulik Febyantara mengatakan, pengawalan dan pengamanan itu akan diakukan oleh 10 orang personil Polres Karimun yang telah menjalani seleksi.

“Untuk paslon masing-masing dua Walpri, Calon Bupati dua dan Calon Wakil Bupati dua, kemudian untuk Ketua KPU satu dan Ketua Bawaslu satu, jadi totalnya 10 Walpri,” ujar Kabag Ops, Polres Karimun AKP Lulik Febyantara, Rabu (1/10/2020).

Ia mengatakan, sepuluh personel tersebut melekat pada kedua paslon sejak ditetapkan KPU Kabupaten Karimun hingga akhir tahapan pesta demokrasi.

“Kesepuluh personil itu ialah anggota khusus yang telah terlatih dan profesional karena telah melalui proses seleksi dari tes psikologi, tes kesamaptaan jasmani, wawancara dan lainnya,” katanya.

Lulik menyebutkan, para Walpri bertugas untuk memastikan keamanan para paslon dan penyelenggara pemilu.

Hal tersebut berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 2 tahun 2002 tentang memberikan kenyamanan dan pengamanan kepada para paslon, dan proses penentuannya dilakukan melalui tahap seleksi

“Kita pastikan paslon dikawal dengan ketat selama masa tahapan Pilkada ini,” katanya.(ky)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.