Suami-Istri Ditangkap Jual Informasi Kapal Perang Nuklir

  • Whatsapp
ilustrasi Kapal Induk.(st)

Liputan98, JAKARTA – Sepasang suami istri Amerika telah ditangkap di negara bagian West Virginia karena diduga menjual informasi tentang kapal perang nuklir kepada apa yang mereka yakini sebagai negara asing, kata Departemen Kehakiman, Minggu, 10/10. Demikian AFP.

Jonathan Toebbe, yang bekerja sebagai insinyur nuklir untuk Angkatan Laut AS, dan istrinya Diana – keduanya berusia empat puluhan – ditangkap oleh agen Investigasi Federal pada Sabtu dan didakwa melanggar Undang-Undang Energi Atom dalam pengaduan pidana, Departemen Kehakiman mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Read More

Selama hampir satu tahun, pasangan itu “menjual informasi yang dikenal sebagai data terbatas mengenai desain kapal perang bertenaga nuklir kepada seseorang yang mereka yakini sebagai perwakilan kekuatan asing,” kata pernyataan itu, seraya menambahkan bahwa penerima informasi sebenarnya adalah, seorang agen FBI yang menyamar.

Jonathan Toebbe, yang memiliki akses ke data terbatas tentang kapal perang bertenaga nuklir melalui pekerjaannya, bekerja sama dengan istrinya untuk bertukar data tentang reaktor nuklir bawah laut seharga sekitar US$100.000 dalam mata uang kripto, menurut pernyataan tertulis.

Pernyataan tertulis mengatakan Toebbe pada April 2020 mengirimkan paket ke pemerintah asing “yang berisi sampel data terbatas dan instruksi untuk membangun hubungan rahasia,” menurut pernyataan itu.

Menurut pengaduan, FBI mencegat paket itu, dan agen yang menyamar itu menyamar sebagai perwakilan pemerintah asing untuk menjalin hubungan dengan pasangan itu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *