WN Afghanistan Yang Pernah Selamatkan Biden Akhirnya Dievakuasi

  • Whatsapp

Liputan98, JAKARTA – Seorang penerjemah Afghanistan yang pernah ikut menyelamatkan Joe Biden pada tahun 2008 akhirnya bisa meninggalkan negara yang kini dikuasai rezim Taliban tersebut.

Namanya Aman Khalili yang pada tahun 2008 pernah berjasa terhadap senator Joe Biden kala itu dan sejumlah anggota DPR AS pada saat mereka datang ke dataran tinggi bersalju yang kondisi alamnya berbahaya.

Read More

Pada saat itu Joe Biden yang kini menjadi Presiden AS beserta teman-temannya menggunakan helikopter militer dan terjebak dalam kondisi badai salju.
Sementara Aman Khalili dan beberapa orang Afghanistan disewa pemerintah AS untuk mengarahkan kelompok Biden ke tempat aman saat alam di sana rentan dan bisa sewaktu-waktu menyebabkan kecelakaan. Belum lagi potensi berbagai ancaman yang bisa muncul di daerah pelosok.

Setelah Khalili mengajukan evakuasi sejak Agustus 2021 tahun ini, akhirnya dia dan keluarganya keluar dari Afghanistan karena tak mau hidup di bawah pemerintahan Taliban, dilansir BBC.

Juru Bicara Kemlu AS menyatakan bahwa Khalili telah diangkut dan selamat meninggalkan Afghanistan.

“Hal ini bisa terjadi karena dilakukan pertemuan dan komunikasi tingkat tinggi, dukungan dari pemerintah AS tentunya. Kami juga berterima kasih banyak yang menolong dia selama ini,” kata si juru bicara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *