Pemprov Kepri Minta Bandara Hang Nadim Segera Siapkan Fasilitas TCM

  • Whatsapp
Para penumpang pesawat yang tiba di Batam tanpa dilengkapi dokumen PCR.(Ist)

Liputan98, BATAM – Sehubungan dengan dibukanya program travel buble di Kepri, khsusunya untuk wilayah Batam dan Bintan, maka segala bentuk kesiapan terutama di bandara dan pelabuhan yang menjadi akses utama keluar dan masuknya turis mancanegara harus segera dilakukan.

Adapun kesiapan Kepri dalam menyambut wisman yang di putuskan oleh Satgas Covid 19, diantaranya adalah  bandara Hang Nadim Batam yang di tunjuk untuk melakukan pelayanan wisman dan PMI,  pelabuhan laut  Nongsa Batam untuk wisman dan PMi, pelabuhan Batam Centre melayani PMI dan  pelabuhan BBT Lagoi melayani Wisman.

Read More

Untuk itu Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Kepala Dinas Perhubungan Junaidi meminta agar semua manajemen bandara dan pelabuhan yang ditunjuk tersebut segera menyiapkan segala kesiapan untuk supaya bisa segera menerima kedatangan wisman. Adapun yang harus disiapkan adalah terkait alat-alat penunjang protokol kesehatan seperti alat Tes Cepat Melekurel (TCM) sebagai pengganti PCR dan lainnya.

Jika  PCR hasilnya harus menunggu hingga 8 jam, maka dengan TCM akan diketahui hasilnya hanya dalam waktu 1 jam. Dan alat ini diminta harus segera disiapkan disetiap bandara dan pelabuhan yang telah ditunjuk.

“Untuk Bandara RHF Tanjungpinang pada dasarnya sudah siap melayani, namun untuk sementara fokus di Hang Nadim Batam. Kita akan evaluasi, jika ternyata wisman yang datang lewat Hang Nadim membludak barulah RHF kita fungsikan,” kata Junaidi.

Namun Junaidi menyayangkan, ternyata di Bandara Hang Nadim sampai saat ini belum menyediakan alat TCM yang diperlukan tersebut. Padahal hal tersebut menjdi syarat penting untuk program dibukanya travel buble ini.

“Bandara Hang Nadim ini kan dibawah pengelolaan BP Batam. Sharusnya segala fasilitas dan sarana prasarananya agar segera dipersiapkan. Pemprov Kepri dalam hal ini tetap melakukan pengawasan melalui Satgas Covid-19,” kata Junaidi, Minggu (17/10).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *